(PKM)

PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
                                 (PKM)
              UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKSASSAR
   LOKASI : SD Negeri Sangir Jln.sangir No.153  Makassar

BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang cukup berperan penting dalam peningkatan mutu atau kualitas sumber daya manusia. Dalam upaya peningkatan sumber daya manusia yang sangat diperlukan dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya dalam bidang pendidikan, maka peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang harus dilakukan di Indonesia pada umumnya dan di sekolah-sekolah pada khususnya. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah, maka tidak terlepas dari tugas seorang guru sebagai pendidik maupun sebagai pengajar.
Untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah utamanya dalam kelas, seorang guru dituntut mampu memahami, menguasai, dan mempraktekkan kurikulum yang berlaku. Salah satunya adalah dengan melaksanakan Pemantapan Kemampuan Mengajar atau yang biasa disingkat PKM.
A.      Tujuan
Secara operasional proses PKM diyakini mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena dalam tahapan PKM ini ada berbagai ragam metode dan variasi yang diterapkan antara lain :
-       Pembahsan RPP sebelum memulai proses pembelajaran
-       Implementasi RPP
-       Refleksi setelah selesai praktek mengajar dengan teman kelompok
-       Bimbingan dari guru pamong berupa komentator dan revisi RPP
Dengan demikian akan tercapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan perkembangan kurikulum guna pencapaian tujuan instruksional. Dalam pelaksanaan PKM ini ada beberapa komponen penilaian yang disediakan guna untuk pencapaian tujuan pengajaran yang efektif dan efesien antara lain :

B.       Aspek-Aspek Penilaian
1.      Instrumen penilaian RPP
Aspek yang diamati antara lain :
a.      Perumusan masalah meliputi :
-       Kejelasan masalah
-       Sifat masalah
-       Pemecahan melalui perbaikan pembelajaran
b.      Rumusan kompetensi dan indikator meliputi :
-       Kejelasan rumusan masalah
-       Kelengkapan cakupan rumusan
-       Kesesuaian indikator dengan kompetensi dasar
c.       Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar meliputi :
-       Kesesuaian materi dengan kompetensi
-       Kesesuaian dengan karakter peserta didik
-       Keruntutan dan sistematik/organisasi materi
-       Kesesuaian materi dengan alokasi waktu
d.      Pemilihan sumber/media belajar meliputi :
-       Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan kompetensi
-       Kesesuaian sumber belajar/media dengan materi pelajaran
-       Kesesuaian sumber belajar/media dengan karakter peserta didik
e.       Strategi pembelajaran meliputi :
-       Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan kompetensi
-       Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pelajaran
-       Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakter peserta didik
-       Kesesuaian penerapan strategi pembelajaran dengan alokasi waktu

f.       Penilaian hasil belajar meliputi :
-       Kesesuaian teknik penilaian dengan kompetensi
-       Kesesuaian item soal dengan indikator
-       Kejelasan prosedur penilaian

2.      Instrumen Penilaian Praktek Mengajar
Aspek yang diamati antara lain :
a.      Pra pembelajaran meliputi :
-       Kesiapan ruang, alat, dan media
-       Memeriksa kesiapan siswa
b.      Membuka pelajaran meliputi :
-       Kesesuaian kegiatan apersepsi dengan materi ajar
-       Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
c.       Kegiatan inti pembelajaran meliputi :
1.      Penguasaan materi pelajaran
-       Menunjukkan penguasaan materi pelajaran
-       Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
-       Menyampaikan materi ajar sesuai dengan hierarki belajar
-       Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
2.      Pendekatan/starategi pembelajaran
-       Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
-       Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
-       Melaksanakan pembelajaran secara runtut
-       Menguasai kelas
-       Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
-       Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah dialokasikan
3.      Pemanfaatan media pembelajaran yang menantang serta memacu keterlibatan siswa
-       Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media
-       Menghasilkan pesan yang menarik
-       Menggunakan media secara efektif dan efisien
-       Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
4.      Penilaian proses dan hasil belajar
-       Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
-       Merespon positif partisipasi siswa
-       Menfasilitasi terjadinya interaksi guru, siswa, dan sumber belajar
-       Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
-       Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
-       Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
5.      Penggunaan bahasa
-       Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
-       Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
d.      Penutup
-       Melakukan refleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa
-       Menyusun rangkuman dengan melibatkan siswa
-       Melakanakan tindak lanjut
3.      Lembar Observasi Aktivitas Siswa
Aspek yang diamati antara lain :
a.      Pra pembelajaran meliputi :
-       Siswa menempati tempat duduknya masing-masing
-       Kesiapan menerima pelajar
b.      Kegiatan membuka pelajaran meliputi :
-       Siswa mampu menjawab pertanyaan apersepsi
-       Mendengarkan secara seksama saat dijelaskan kompetensi yang hendak dicapai
c.       Kegiatan inti pembelajaran meliputi :
1.      Penjelasan materi pelajaran
-          Memperhatikan dengan serius ketika dijelaskan materi pelajaran
-          Aktif bertanya saat proses penjelasan materi
-          Adanya interaksi positif antar siswa
-          Adanya interaksi positif antar siswa - guru - siswa - materi pelajaran
2.      Pendekatan/strategi belajar
-          Siswa terlibat aktif dalam kegiatan belajar
-          Siswa memberikan pendapatnya ketika diberi kesempatan
-          Aktif mencatat berbagai penjelasan yang diberikan
-          Siswa termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran
-          Siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan tenang dan tidak merasa tertekan
-          Siswa merasa senang menerima pelajaran
3.      Pemanfaatan media pembelajaran yang menantang serta memacu keterlibatan siswa
-       Adanya interaksi positif antar siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru
-       Siswa tertarik pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran
-       Siswa tampak tekun mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru
d.      Penilaian prosedur dan hasil belajar meliputi :
-       Siswa merasa terbimbing
-       Siswa mampu menjawab dengan benar pertanyaan yang diajukan oleh guru
e.       Penggunaan bahasa
-       Siswa mampu mengemukakan pendapatnya dengan lancar
-       Siswa mampu mengajukan pertanyaan dengan lugas

f.       Penutup
-       Siswa secara aktif memberi rangkuman
-       Siswa menerima tugas tindak lanjut dengan senang
4.      Daftar Kelompok Mahasiswa yang terdiri atas :
1.      Ketua
2.      Sekretaris
3.      Anggota
4.      Jadwal rencana/pembahasan RPP kegiatan PKM yang meliputi :
a.       Hari/Tanggal/Jam
b.      Jenis Kegiatan
c.       Tempat

C.    Keadaan Sekolah
1.      Kondisi Sekolah
SD Neg.SANGIR Makassar terletak di jalan Sangir No.153 Makassar yang terdiri dari dua lantai. Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Kelas, Perpustakaan, WC Siswa, dan WC Guru dan pembelajaran dilakukan pada pagi hari sampai sore hari mulai pukul 07.30 – 17.00. Dalam hal ini ada kelas yang masuk pagi dan masuk siang namun khusus bagi kelas rendah semuanya masuk dipagi hari.

Komentar

Postingan Populer