(PKM)
PEMANTAPAN
KEMAMPUAN MENGAJAR
(PKM)
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKSASSAR
BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan
merupakan salah satu faktor yang cukup berperan penting dalam peningkatan mutu
atau kualitas sumber daya manusia. Dalam upaya peningkatan sumber daya manusia
yang sangat diperlukan dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya dalam
bidang pendidikan, maka peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang harus
dilakukan di Indonesia pada umumnya dan di sekolah-sekolah pada khususnya.
Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah, maka tidak terlepas dari
tugas seorang guru sebagai pendidik maupun sebagai pengajar.
Untuk
meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah utamanya dalam kelas,
seorang guru dituntut mampu memahami, menguasai, dan mempraktekkan kurikulum
yang berlaku. Salah satunya adalah dengan melaksanakan Pemantapan Kemampuan
Mengajar atau yang biasa disingkat PKM.
A.
Tujuan
Secara
operasional proses PKM diyakini mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa karena dalam tahapan PKM ini ada berbagai ragam metode dan variasi yang
diterapkan antara lain :
-
Pembahsan RPP sebelum
memulai proses pembelajaran
-
Implementasi RPP
-
Refleksi setelah
selesai praktek mengajar dengan teman kelompok
-
Bimbingan dari guru
pamong berupa komentator dan revisi RPP
Dengan
demikian akan tercapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan perkembangan
kurikulum guna pencapaian tujuan instruksional. Dalam pelaksanaan PKM ini ada
beberapa komponen penilaian yang disediakan guna untuk pencapaian tujuan
pengajaran yang efektif dan efesien antara lain :
B.
Aspek-Aspek
Penilaian
1.
Instrumen
penilaian RPP
Aspek yang diamati
antara lain :
a.
Perumusan
masalah meliputi :
- Kejelasan
masalah
- Sifat
masalah
- Pemecahan
melalui perbaikan pembelajaran
b.
Rumusan
kompetensi dan indikator meliputi :
- Kejelasan
rumusan masalah
- Kelengkapan
cakupan rumusan
- Kesesuaian
indikator dengan kompetensi dasar
c.
Pemilihan
dan pengorganisasian materi ajar meliputi :
- Kesesuaian
materi dengan kompetensi
- Kesesuaian
dengan karakter peserta didik
- Keruntutan
dan sistematik/organisasi materi
- Kesesuaian
materi dengan alokasi waktu
d.
Pemilihan
sumber/media belajar meliputi :
-
Kesesuaian sumber
belajar/media pembelajaran dengan kompetensi
-
Kesesuaian sumber
belajar/media dengan materi pelajaran
-
Kesesuaian sumber
belajar/media dengan karakter peserta didik
e.
Strategi
pembelajaran meliputi :
- Kesesuaian
strategi dan metode pembelajaran dengan kompetensi
- Kesesuaian
strategi dan metode pembelajaran dengan materi pelajaran
- Kesesuaian
strategi dan metode pembelajaran dengan karakter peserta didik
- Kesesuaian
penerapan strategi pembelajaran dengan alokasi waktu
f.
Penilaian
hasil belajar meliputi :
- Kesesuaian
teknik penilaian dengan kompetensi
- Kesesuaian
item soal dengan indikator
- Kejelasan
prosedur penilaian
2.
Instrumen
Penilaian Praktek Mengajar
Aspek yang diamati
antara lain :
a.
Pra
pembelajaran meliputi :
- Kesiapan
ruang, alat, dan media
- Memeriksa
kesiapan siswa
b.
Membuka
pelajaran meliputi :
- Kesesuaian
kegiatan apersepsi dengan materi ajar
- Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai
c.
Kegiatan
inti pembelajaran meliputi :
1.
Penguasaan
materi pelajaran
- Menunjukkan
penguasaan materi pelajaran
- Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan
- Menyampaikan
materi ajar sesuai dengan hierarki belajar
- Mengaitkan
materi dengan realitas kehidupan
2.
Pendekatan/starategi
pembelajaran
- Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
- Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
- Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
- Menguasai
kelas
- Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
- Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah dialokasikan
3.
Pemanfaatan
media pembelajaran yang menantang serta memacu keterlibatan siswa
-
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
-
Menghasilkan pesan yang
menarik
-
Menggunakan media
secara efektif dan efisien
-
Melibatkan siswa dalam
pemanfaatan media
4.
Penilaian
proses dan hasil belajar
- Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
- Merespon
positif partisipasi siswa
- Menfasilitasi
terjadinya interaksi guru, siswa, dan sumber belajar
- Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
- Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang kondusif
- Menumbuhkan
keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
5.
Penggunaan
bahasa
- Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar
- Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
d.
Penutup
- Melakukan
refleksi pembelajaran dengan melibatkan siswa
- Menyusun
rangkuman dengan melibatkan siswa
- Melakanakan
tindak lanjut
3.
Lembar
Observasi Aktivitas Siswa
Aspek yang diamati
antara lain :
a.
Pra
pembelajaran meliputi :
- Siswa
menempati tempat duduknya masing-masing
- Kesiapan
menerima pelajar
b.
Kegiatan
membuka pelajaran meliputi :
- Siswa
mampu menjawab pertanyaan apersepsi
- Mendengarkan
secara seksama saat dijelaskan kompetensi yang hendak dicapai
c.
Kegiatan
inti pembelajaran meliputi :
1.
Penjelasan
materi pelajaran
-
Memperhatikan dengan
serius ketika dijelaskan materi pelajaran
-
Aktif bertanya saat
proses penjelasan materi
-
Adanya interaksi
positif antar siswa
-
Adanya interaksi
positif antar siswa - guru - siswa - materi pelajaran
2.
Pendekatan/strategi
belajar
-
Siswa terlibat aktif
dalam kegiatan belajar
-
Siswa memberikan
pendapatnya ketika diberi kesempatan
-
Aktif mencatat berbagai
penjelasan yang diberikan
-
Siswa termotivasi dalam
mengikuti proses pembelajaran
-
Siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran dengan tenang dan tidak merasa tertekan
-
Siswa merasa senang
menerima pelajaran
3.
Pemanfaatan
media pembelajaran yang menantang serta memacu keterlibatan siswa
- Adanya
interaksi positif antar siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru
- Siswa
tertarik pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran
- Siswa
tampak tekun mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru
d.
Penilaian
prosedur dan hasil belajar meliputi :
-
Siswa merasa terbimbing
-
Siswa mampu menjawab
dengan benar pertanyaan yang diajukan oleh guru
e. Penggunaan bahasa
- Siswa
mampu mengemukakan pendapatnya dengan lancar
- Siswa
mampu mengajukan pertanyaan dengan lugas
f.
Penutup
- Siswa
secara aktif memberi rangkuman
- Siswa
menerima tugas tindak lanjut dengan senang
4.
Daftar
Kelompok Mahasiswa yang
terdiri atas :
1. Ketua
2. Sekretaris
3. Anggota
4. Jadwal
rencana/pembahasan RPP kegiatan PKM yang meliputi :
a. Hari/Tanggal/Jam
b. Jenis
Kegiatan
c. Tempat
C.
Keadaan
Sekolah
1. Kondisi
Sekolah
SD
Neg.SANGIR Makassar terletak di jalan Sangir No.153 Makassar yang terdiri dari
dua lantai. Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Kelas, Perpustakaan, WC Siswa,
dan WC Guru dan pembelajaran dilakukan pada pagi hari sampai sore hari mulai
pukul 07.30 – 17.00. Dalam hal ini ada kelas yang masuk pagi dan masuk siang
namun khusus bagi kelas rendah semuanya masuk dipagi hari.
Komentar