14 Digembok, Tiga Ditilang

14 Digembok, Tiga Ditilang

Dominan Pelanggar Kalangan Berpendidikan

MAKASSAR, FAJAR -- Setelah sempat terhenti beberapa kali, operasi gembok ban atas pelanggaran parkir di Jalan AP Pettarani kembali dilanjutkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Senin, 27 Januari.

Dalam operasi kali ini, jumlah pengguna jalan yang melanggar terbilang meningkat. Total 14 gembok ban yang harus digunakan tim operasi karena banyaknya kendaraan yang ditemukan melanggar larangan parkir Jalan AP Pettarani.

"Pelanggaran kali ini meningkat dibandingkan operasi penertiban sebelumnya," ujar Kepala Bidang (Kabid) Operasional Dishub Makassar, Hasan Bisri.

Selain 14 kendaraan yang digembok, petugas penertiban juga menilang langsung tiga pemilik kendaraan yang ditemukan memarkir di jalan tersebut. Dengan demikian, total terdapat 17 kendaraan yang terjaring dalam operasi untuk kali keempat ini. Hasan menyayangkan banyaknya pelanggar yang berasal dari kalangan berpendidikan.

"Banyak yang protes melakukan perlawanan. Mereka tidak tahu diri padahal pendidikannya tinggi," tandas Hasan.

Kendati banyak pelanggar yang ngotot melawan dan menghalang-halangi petugas yang akan melakukan penindakan, namun tim jalan terus. Tercatat, beberapa kendaraan yang telah digembok bannya, pemiliknya melakukan protes keras usai mengetahui dirinya terjaring operasi.

"Itu semua ujian bagi kami. Memang tidak mudah menegakkan aturan, tetapi kami akan jalan terus," urai Hasan.

Hasan menyayangkan masih banyaknya pengguna kendaraan yang belum sadar mengenai regulasi larangan parkir di AP Pettarani tersebut. Apalagi di hari ke empat operasi pada 2014 ini, seharusnya jumlah pelanggar menurun.

Dalam operasi kemarin, sebetulnya tim hanya membawa 10 unit gembok karena pada operasi sebelumnya, jumlah gembok yang dipakai tak pernah mencapai 10 unit. Namun karena 10 unit sudah habis, maka tim terpaksa menambah jumlah gembok.

"Hari ini kita akan perbanyak gembok yang akan dibawa dalam operasi," katanya. Hasan mengaku tidak akan main-main terkait penegakan larangan parkir tersebut. Ia memastikan, hari ini operasi serupa tetap akan digelar.

Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, mendukung upaya Dishub bersama Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar yang secara konsisten mulai bertindak tegas kepada para pelanggar. Menurutnya, upaya itu diambil untuk menciptakan Makassar yang lebih tertib, terutama untuk mereduksi macet di Jalan AP Pettarani. (zuk/sil)
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hendra.fajarmakassar

Komentar

Postingan Populer