Camba, Maros

Camba, Maros

Bahasa Dari Wikipedia bahasa Indonesia, Ensiklopedia prabayar bebas
Camba
-   Kecamatan   -
PETA Kecamatan Camba.jpg

PETA LOKASI Kecamatan Camba
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenMaros
Pemerintahan
 •  CamatA. Mappelawa, S.Sos. M.Si
Luas145.36km2
Shares penduduk12,575 Jiwa
Kepadatan86,51 Jiwa per Km ²
Desa / kelurahan8
Camba  adalah sebuah Kecamatan Yang terletak di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Camba secara penyusutan dan merupakan daerah adalah Lembah. PADA SAAT kitd berdiri di daerah adalah Suami Dan memandang Serta memutarkan badan 360 derajat Yang terlihat adalah bukit Dan gunung Yang Hijau Dan Rindang. Wilayah Kecamatan Camba termasuk daerah adalah Dataran Tanggal Gabung Yang beriklim Sejuk. Dataran Camba berada sekitar 340 meter yang di Atas permukaan laut. Ibukota Kecamatan Camba adalah Kelurahan Cempaniga.     
Jarak pagar Udara Bahasa Dari Camba Kabupaten Maros Menuju adalah sekitar 32km, namun jika ditempuh Artikel Baru bagian tanggul Darat menjadi 48km. Jarak pagar Bahasa Dari Camba Menuju Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Makassar adalah 87 Km melalui jalan Darat. Dan jarak pagar Bahasa Dari Camba Menuju Kabupaten Bone adalah 98km.
PENGHASILAN Utama Bahasa Dari penduduk Kecamatan Camba selain Pegawai Negeri Sipil adalah Bertani. Hasil Pertanian bermacam-macam. Ada padi, jagung, sayur-Sayuran, kacang, cabe merah, Tomat, dll. Terdapat pula BANYAK peternak. Beternak Kebanyakan Ayam Ras Dan ADA Yang juga beternak Ayam Potong. Terdapat pula sapi Peternakan. Untuk Hasil Perkebunan terdapat kemiri, jati, bambu, kelapa, coklat dll.

Sejarah [ sunting  |  Sumber sunting ]

PT KARYA CIPTA PUTRA Kecamatan Camba adalah wilâyah Yang Ulasan Sangat Luas Dan berbatasan langsung Artikel Baru Kecamatan Bantimurung Dan Kabupaten Bone. Wilayah Kabupaten Maros Dalam, sejarahnya telah mengalami pemekaran wilâyah. PADA Tahun 1963, Kabupaten Maros terbagi Atas 4 (Empat) kecamatan, yakni Kecamatan Maros Baru, Bantimurung, Mandai, Dan Camba. Memasuki Tahun 1989, diadakan pemekaran kecamatan wilâyah Artikel Baru dibentuknya 3 (tiga) Perwakilan kecamatan, yakni Kecamatan Perwakilan Tanralili, Maros Utara, Dan Mallawa, Yang hingga SAAT SAAT Suami Suami terdapat 14 wilâyah kecamatan.

Desa Dan Status [ sunting  |  Sumber sunting ]

Kecamatan Camba terdiri Atas doa Kelurahan Dan Enam Desa, Artikel Baru JUMLAH RT 86 Dusun Dan / 28 Lingkungan Dan Blok Sensus 45 Artikel Baru 1 Blok Persiapan.
Kecamatan  Camba terdiri Atas Delapan wilâyah, yaitu doa kelurahan Dan Enam desa Artikel Baru DISETOR sebagai berikut:    
  1. kelurahan Cempaniga
  2. kelurahan Mario Pulana
  3. desa Benteng
  4. desa Cenrana
  5. desa Pattanyamang
  6. desa Pattiro Deceng
  7. desa Sawaru
  8. desa Timpuseng

Letak LAJU Dan topografi [ sunting  |  Sumber sunting ]

Keadaan geografi Kecamatan Camba merupakan daerah adalah Dataran Tinggi. Bahasa Dari Delapan daerah adalah wilâyah Administrasi Yang ADA semuanya mempunyai topografi berbukit Lembah Dan Artikel Baru ketinggian terendah Tiga Ratus Sepuluh Wire color Kawat warna Tujuh Ratus lima puluh meteran Diatas permukaan laut.
Luas Kecamatan Camba sekitar 145,36 Km2. Sebelah Barat berbatasan Artikel Baru Kecamatan Pangkep, Sebelah Timur berbatasan Artikel Baru Kabupaten Bone, Sebelah Utara berbatasan Artikel Baru Kecamatan Malawa Dan Sebelah Selatan berbatasan Artikel Baru Kecamatan Cenrana. Jarak pagar ANTARA desa Artikel Baru Pusat pemerintahan kabupaten CUKUP Jauh yaitu desa terdekat dapat ditempuh Artikel Baru jarak pagar sekitar 44 kilometer Dan desa terjauh Artikel Baru jarak pagar 64 kilometer.

Kependudukan [ sunting  |  Sumber sunting ]

Penduduk Kecamatan Camba Tahun 2011 sebanyak 12,575 jiwanya. yaitu laki-laki sebanyak 6,092 jiwanya Dan Perempuan 6,483 jiwanya. Rasio JENIS kelamin (rasio jenis kelamin) sekitar 94 itu, maka hal inisial menunjukkan bahwa bahasa Dari terkait masih berlangsung 100 Perempuan orangutan terdapat 94 laki-laki. Penduduk terbanyak berada PADA Desa Sawaru sebanyak 2,108 jiwanya Dan terkecil sebanyak 1,159 jiwanya berada PADA Desa Benteng. Shares Rumah adalah tangga sebanyak 3,344 Artikel Baru kepadatan penduduk sebesar 86,51 jiwa/km2, mayoritas warganya berasal Bahasa Dari Suku / Etnis Bugis-Makassar.
Penduduk Kecamatan Camba sebagian pemeluk Agama Islam Besar yaitu 12,573 jiwanya Dan Protestan sebanyak 2 jiwanya. Fasilitas ibadah seperti Masjid masingmasing 33 buah, langgar / surau / Musallah 14 buah.
Struktur umur penduduk Kecamatan Camba BAIK laki-laki maupun Perempuan terbanyak tersebar MULAI PADA nama kelompok umur 0-4 ANTARA Tahun Wire color Kawat warna Artikel Baru 30-34 Dan MULAI PADA nama kelompok umur 35-39 menurun MULAI.

Pendidikan [ sunting  |  Sumber sunting ]

Peranan sektor perikanan Pendidikan * Bagi suatu Bangsa menentukan Ulasan Sangat, Dalam, Rangka mencapai kemajuan disemua Kepemilikan Modal Kehidupan, utamanya peningkatan kesejahteraan rakyatnya. Keberadaan Sekolah merupakan Hal Penting * Bagi penduduk untuk memperoleh Pendidikan formal. Shares fasilitas / Sarana Pendidikan Yang ADA di Kecamatan Camba yaitu Sekolah Taman Kanak - Kanak sebanyak 15 buah, Sekolah Dasar Negeri Inpres Dan sebanyak 21 buah, Sekolah Menengah Negeri Dan Swasta PERTAMA 3 buah, Sekolah Menegah Atas Negeri Dan Swasta 2 buah. Sekolah Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Camba HANYA terdapat Madrasah Ibtidaiyah Dan Tsanawiyah masing-masing sebanyak 1 buah dan 2 buah.
PADA umumnya penduduk USIA Sekolah Yang Akan melanjutkan Pendidikan Ke jenjang Yang lebih Tinggi, Dalam, Hal Suami Perguruan Tinggi / Universitas mereka melanjutkan Ke Kota Makassar atau Ke kecamatan di Kabupaten Maros berbaring yaitu Kecamatan Mandai Serta Kecamatan Turikale. KARENA keberadaan Perguruan Tinggi / Universitas di Kecamatan Camba belum TERSEDIA kecuali Universitas Terbuka. Adapun fg Melek Huruf Penduduk Kecamatan Camba Yang berumur 5 Tahun Ke Atas mencapai 86,01% itu, maka hal inisial menunjukkan bahwa sebagian Besar penduduk kecamatan Camba sudah Mampu membaca Dan menulis.

Kesehatan [ sunting  |  Sumber sunting ]

Pembangunan di Kepemilikan Modal Kesehatan bertujuan agar * Semua lapisan 'masyarakat mendapatkan AKSes Pelayanan Yang Murah, Siaran dan hiburan, Dan merata untuk pencapaian derajat Kesehatan' masyarakat Yang lebih Baik, adalah tersedianya JUMLAH Sarana Dan Tenaga Kesehatan.
Bahasa Dari JUMLAH Sarana Kesehatan Yang ADA di Kecamatan Camba, Maka dapat dikatakan CUKUP memadai. Bahasa Dari Delapan desa / kelurahan Yang ADA telah terdapat 1 unit Puskesmas Dan 1 unit Pustu Dan 6 Unit Poskesdes. Keberadaan Dokter Umum sebanyak 3 orangutan, Dokter gigi 1 orangutan, paramedis 14 orangutan, Nonmedis 9 orangutan, Bidan 13 orangutan Dan dukun bayi Yang menangani alt Proses kelahiran sebanyak 17 orangutan Yang tersebar diseluruh desa / kelurahan.
Program Salah Satu Yang Terus digalakkan pemerintah untuk menekan Angka pertambahan penduduk Program Keluarga Berencana adalah (KB). Shares Akseptor KB di Kecamatan Camba sebanyak 1,912 Akseptor, masing-masing JENIS Alat kontrasepsi IUD sebanyak ANTARA berbaring 45 orangutan, PIL 885 orangutan, Kondom 217 orangutan, tubektomi 8 orangutan, Suntikan 510 orangutan, Dan Implan 255 orangutan.
Bahasa Dari 3,337 Rumah adalah tangga di Kecamatan Camba, sebanyak 891 merupakan Keluarga pra sejahtera Dan untuk Keluarga tahap sejahtera (I, II, III, Dan III plus) sebesar 3.000 atau sekitar 77,1.

Pertanian [ sunting  |  Sumber sunting ]

Sektor Pertanian di Kecamatan Camba Tahun 2011, khususnya padi sawah Masih menjadi mata pencaharian Utama * Bagi penduduk di Kecamatan Camba. Bahasa Dari barisan aritmetik, Kecamatan Camba seluas 14,536 Ha terdiri Bahasa Dari Lahan sawah Dan Lahan Bukan sawah. Lahan sawah Yang diusahakan untuk Pertanian merupakan sawah berpengairan Teknis Dan Non Teknis seluas 1.290 Ha, sawah tadah Hujan Lahan seluas 570 Ha, selebihnya Lahan sawah Bukan Yang terdiri Bahasa Dari Ladang / Tegal 1.060 Ha, Perkebunan 2,112 Ha, Hutan rakyat 6,457 Ha TOTAL 202 Ha.
Selain Lahan Yang diusahakan untuk Pertanian terdapat 596 ha digunakan sebagai Perumahan / pemukiman, 25 ha Industri / Kendaraan bermotor / Pertokoan, 366 ha TOTAL. Luas Dan Produksi Tanaman palawija untuk Komoditi, buah-Buahan, Sayuran, Perkebunan. Serta revenue Peternakan.
Sumber protein Yang Utama * Bagi manusia berasal bahasa Dari protein hewani ikan termasuk. Keberhasilan sub sektor perikanan Peternakan dapat dilihat melalui filtration penyaringan Naik turunnya populasi Ternak Dan Unggas.
Dilihat Bahasa Dari JUMLAH populasi Ternak di Kecamatan Camba Besar Tahun 2011 ANTARA berbaring; Kerbau 88 ekor, Sapi 6,098 ekor, Kuda 336, 972 ekor Kambing Dan untuk Ternak Unggas seperti Ayam Buras sebanyak 62,673 ekor, Ayam Ras 339,980 ekor itik Dan 18,155 ekor.

Perdagangan [ sunting  |  Sumber sunting ]

Pasar Sentral Camba
Kebijaksanaan pemerintah menaikkan penyusutan sebagai Dasar Listrik (TDL) Dan daftar harga Bahan bakar minyak (BBM) menjadi salat Satu alasan pihak PRODUSEN, pedagang Dan penyedia program sektor perikanan Jasa untuk menaikkan daftar harga. Selain ITU dipengaruhi Diposkan oleh ketersediaan consumer Dan Jasa nihil. Untuk Artikel Kata berbaring apabila keadaan consumer / Jasa jumlahnya Terbatas Maka tentu Saja Akan mengalami kenaikan daftar harga. Bahasa Dari Data Yang ADA cenderung daftar harga-daftar harga Bahasa Dari Tahun Ke Tahun mengalami kenaikan Yang CUKUP Bervariasi.

Transportasi Dan KOMUNIKASI [ sunting  |  Sumber sunting ]

Jalan merupakan Instalasi Alat penting suatu wilâyah dimana Artikel Baru tersedianya Sarana Transportasi merupakan Alat penunjang Dalam, melakukan kegiatan AKTIVITAS. Tersedianya bagian tanggul jalan Yang BAIK dapat memudahkan Mobilitas penduduk Dan memperbesar Arus consumer Dan Jasa antar daerah adalah. Jalan Utama Menuju Yang Ke Kecamatan Camba Yang juga merupakan bagian tanggul Trans Sulawesi yaitu Menuju Ke Kabupaten Bone Sulawesi Tenggara Dan Provinsi yaitu melalui penyeberangan Pelabuhan Bajoe semuanya sudah diaspal. Namun jalan-jalan Menuju Ke desa-desa Masih terdapat jalan Yang kondisinya Masih pengerasan. Tension Alat Transportasi Yang dimiliki Dan digunakan Diposkan oleh 'masyarakat adalah Transportasi Darat Kendaraan Roda Empat Roda Dan doa / Roda Tiga.
Adanya kemajuan dibidang Teknologi INFORMASI KOMUNIKASI Dan seperti TV, Radio, Telepon Dan HP, Yang Tumbuh Dan Berkembang Wire color Kawat warna Ke tingkat pedesaaan, radio Dan hampir * Semua 'masyarakat Bisa menikmati INFORMASI langsung melalui Siaran TV Serta Bisa berkomunikasi melalui Telepon Dan Telepon genggam tangan / Telepon. Untuk Artikel adanya Kantor Pos Pembantu penduduk memudahkan Yang berada di Kecamatan Camba Dan Sekitarnya berkorespondensi ataupun pengiriman Uang atau consumer. Di beberapa desa / kelurahan sudah Terjangkau Telepon Kabel kecuali desa Benteng Dan desa Pattanyamang. Keberadaan warnet juga Ulasan Sangat membantu penduduk di kecamatan Camba mengakses Dunia Luar melalui internet walaupun unitnya belum seberapa yaitu HANYA 4 Unit di doa desa / kelurahan.
Listrik merupakan Sarana Yang Ulasan Sangat Penting Dalam, berbagai Kehidupan untuk melakukan kegiatan 'masyarakat. Bahasa Dari 3,344 Rumah adalah tangga HANYA 2,234 Rumah adalah tangga adalah pengguna Listrik PLN, beberapa diantaranya adalah tangga Rumah Tanpa Meteran, Pengguna LISTRIK Non-PLN sebanyak 528 Rumah adalah tangga, Dan Masih ADA Rumah adalah tangga belum menggunakan Listrik yaitu sebanyak 486 Rumah adalah tangga.

Perekonomian [ sunting  |  Sumber sunting ]

Hasil pendataan Sensus Penduduk Berdasarkan Tahun 2010 terdapat 17 Lapangan / sektor perikanan sales Yang menjadi pekerjaan Utama penduduk Kecamatan Camba Yang berumur 10 Tahun Ke Atas. Padi Pertanian Dan palawija merupakan sektor perikanan Utama, kemudian berturut-turut disusul sektor perikanan Perdagangan, Jasa Pendidikan, Jasa Kemasyarakatan pemerintahan Dan Perorangan, Perkebunan, Dan seterusnya.
Seiring Artikel Baru sektor perikanan Utama Lapangan sales penduduk kecamatan Camba, Industri Yang Tumbuh Dan Berkembang memucat BANYAK adalah Industri Penggilingan padi. Masih ADA beberapa industria berbaring Yang ADA di kecamatan inisial, yaitu industria kayu, Logam, MAKANAN, batu, dll.

Pariwisata [ sunting  |  Sumber sunting ]

Camba memiliki Potensi wisata yang alam Yang Luar Biasa. HANYA Saja, Wire color Kawat warna SAAT Suami, pemerintah setempat belum pernah Mencoba memaksimalkan Potensi nihil. Beberapa LOKASI Yang dapat menjadi Potensi wisata yang adalah Air Terjun di desa Pattiro Deceng Maddenge, Air Terjun Baruttung. SAAT Suami, TEMPAT wisata yang Dan rekreasi Yang memucat BANYAK dikunjungi adalah Tana Tengnga di desa Cenrana milikini Sekertaris Provinsi Sulawesi Selatan HA Muallim.selain ITU terdapat juga TEMPAT untuk jalan jalan di Pegunungan, terdapat BANYAK buah jambu biji jambu terutama alias jampu Yang terdapat d padang lampe Hulo Hulo.

Referensi [ sunting  |  Sumber sunting ]

Pranala Luar [ sunting  |  Sumber sunting ]

Komentar

Postingan Populer